Friday 25 October 2013

Mengakali Instalasi BBM pada Android diatas 7 Inc

Bagikan Artikel ini :

blackberry-messengerSekarang ini apalagi yang heboh pada dunia Smartphone kalau bukan soal BBM yang akhirnya bisa diinstal pada perangkat Android dan iOS ? OK, perangkat iOS barangkali kurang memasyarakat karena harganya itu, tapi Android kini sudah murah. Bisa dipastikan pemiliknya sangat banyak di Indonesia yang rata-rata sensitif mengenai harga. Maka, di sini saya hanya akan uraikan masalah instalasi aplikasi yang mendadak naik daun itu pada lingkungan Android, yang mungkin pada beberapa situasi menyulitkan anda.


Kalau anda sebelumnya sudah daftar di bbm.com dengan memasukkan alamat email, lalu pada alamat email anda sudah datang email yang memberitahu bahwa anda bisa menginstalnya, kemudian perangkat Android anda ukurannya ada di bawah 7 inci, dan sistem operasinya minimal Ice Cream Sandwich, maka besar kemungkinan anda tidak akan menemui masalah berarti. Termasuk masalah lama menunggu ketika sign up, yang dikeluhkan banyak orang. Bisa dimaklumi karena sekarang-sekarang ini banyak orang sedang mendadak tertarik dengan BBM. Dalam satu hari mungkin ada jutaan orang yang bersama-sama menginstal aplikasi instant messaging ini. Akibatnya, kita harus antri.


Kemungkinan masalah instalasi BBM pada Android adalah bila terdapat situasi seperti berikut :

1.  Sistem Operasi Android yang ada versinya di bawah Ice Cream Sandwich

2.  Ukuran layar perangkat Android di atas 7 inci

3.  Sebelumnya belum daftar di bbm.com

Saya akan jelaskan satu per satu jalan keluarnya bila anda punya 3 situasi itu.

android_ice_cream_sandwich_40Pertama, bila sistem operasi perangkat Android anda ada di bawah Ice Cream Sandwich, yaitu Honeycomb, Gingerbread, atau Froyo, maka kabar buruknya adalah anda sama sekali tidak akan bisa memasang BBM L Untuk bisa mengetahui versi Android, anda bisa masuk ke Settings dan klik About Device. Di sana ada bagian yang menunjukkan versi Android anda berupa angka. Cocokkan angka itu dengan referensi yang ada di Internet tentang versi Android. Misalnya, di Wikipedia, di sini. Kalau perangkat anda ternyata Ice Cream Sandwich ke atas, ya silahkan lanjutkan dengan upaya instalasi. Tapi kalau ada di bawah itu, ya sudah L Tapi kabar baiknya adalah, masih ada kemungkinan anda meng-upgrade sendiri versi Android anda, meskipun barangkali ini tidak untuk semua perangkat juga.


Untuk meng-upgrade versi android, secara teoretis anda bisa masuk ke bagian Setting lalu ke About Device, dan di sana anda mengklik Software Update. Pastikan ketika anda melakukan ini, perangkat Android anda sedang dalam keadaan tersambung dengan Internet, entah via wifi atau via carrier yang anda gunakan pada smartphone melalui layanan di SIM Card-nya. Kalau anda beruntung, anda akan mendapatkan update itu. Kenapa saya katakan kalau beruntung ? Karena ada perangkat-perangkat Android yang tidak memiliki dukungan dari pembuatnya lagi ketika itu sudah masuk ke pasaran. Bisanya ini untuk smartphone atau tablet dari merek-merek yang kurang terkenal. Kalau anda tidak bisa mendapatkan update, barangkali anda masih punya kesempatan dengan mendatangi service center merek Android yang anda miliki. Siapa tahu mereka bisa membantu anda untuk menaikkan versi Android anda. Saya punya pengalaman ini ketika membeli smartphone dari Smartfren. Dalam keadaan asli perangkat itu adalah Ice Cream Sandwich, yang kalau saya coba untuk update sendiri tidak bisa. Tapi ketika saya ke service center-nya, mereka bisa membuatnya menjadi Jelly Bean.


Sebagai catatan, perangkat smartphone atau tablet dari merek Samsung hampir selalu dapat kita upgrade sendiri Android-nya ke versi yang lebih tinggi. Sebenarnya meng-upgrade versi Android penting bukan hanya untuk kepentingan instalasi BBM, tapi juga untuk kualitas smartphone anda yang akan jadi lebih baik. Bila versi Androidnya lebih baru, tentu saja akan ada perbaikan-perbaikan dari kekurangan yang ada pada versi sebelumnya, di samping mungkin adanya tambahan fitur-fitur baru pula. Akan tetapi bila hasil setelah upgrade ternyata versinya masih di bawah Ice Cream Sandwich, ya itu artinya anda belum beruntung J Berarti perangkat Android anda sama sekali tidak bisa digunakan untuk BBM. Mungkin anda juga bertanya mengapa mesti minimal Ice Cream Sandwich ? Well, Itu udah ditetapkan dari sono-nya J. Jelas bukan hanya sekedar ditetapkan, tapi tentu mengingat batasan-batasan teknis yang ada pada Android versi yang lebih lama.


psKedua, kalau perangkat yang anda miliki ternyata ukurannya di atas 7 inci, kemungkinannya adalah, anda tidak akan bisa menggunakan BBM. Ketika anda akan men-download aplikasi ini dari Play Store menggunakan perangkat 8 inci ke atas, akan ada tulisan yang mengatakan bahwa anda tidak bisa memasang BBM pada perangkat anda. Biasanya yang 7 inci atau di atasnya adalah tablet. Anda di sini juga mungkin bertanya mengapa ada batasan ini. Jawabannya sama seperti sebelumnya, yaitu sudah ditetapkan dari sono-nya J. Barangkali Blackberry ingin membatasi penerapan BBM ini hanya pada perangkat genggam saja, meskipun tablet yang anda miliki barangkali memiliki semua kemampuan teknis yang ada pada smartphone yang canggih. Tapi apakah batasan 7 inci adalah ukuran yang jadi harga mati ? Apakah kita benar-benar tidak mungkin memasang BBM pada perangkat yang ukurannya lebih besar dari itu ? Ternyata ada jalan keluarnya.


Kalau anda perhatikan, bila anda menginstal aplikasi tertentu dari Play Store itu sebenarnya sama dengan mengunduh file dari Internet ke dalam smartphone anda. Nah, nampaknya (mungkin) scanning atau pemeriksaan perangkat ada di sini. Artinya, kalau perangkat yang anda gunakan untuk men-download memiliki layar lebih dari 7 inci maka download tidak dimungkinkan. Untung saja, untuk memasang aplikasi di Android tidak hanya bisa melalui Play Store. Kita bisa melakukannya secara manual dengan cara men-download file itu secara tersendiri. File aplikasi Android itu dikenal dengan istilah APK atau Android Package, atau ada pula yang menyebutnya Android Package Kit. Maka yang seharusnya kita lakukan adalah mencari file APK untuk BBM. Setelah kita dapatkan file itu, kita kopikan ke dalam memory card, lalu melalui File Manager kita klik file tadi. Kita pilih application installer untuk menjalankannya. Kalau kita lakukan ini, maka batasan 7 inci tadi bisa kita tembus. Buktinya, saya sudah sukses menginstal BBM pada Galaxy Note yang ukurannya 8 inci. Sebelumnya kalau saya menginstal langsung melalui Play Store memang selalu ada peringatan yang tidak memungkinkan saya memasangnya.


Pertanyaan yang muncul barangkali, dari mana kita bisa mendapatkan file APK itu ? Karena hari-hari ini sedang heboh tentang BBM, bila kita search menggunakan Google dengan kata kunci, misalnya, “Android, APK, Download”, maka akan kita temui banyak tempat yang menyimpannya. Ketika saya buat tulisan ini, versi aplikasi BBM yang ada adalah 1.0.0.70, dengan ukuran file sebesar 12.979 Kilobyte. Salah satu tempat yang menuliskan link-nya ada di sini. Baca dengan teliti dan temukan bagian untuk mengunduhnya. Semoga masih terus hidup link-nya.


Yang ketiga, anda mungkin juga akan menemui masalah ketika akan memasang BBM ini, bila anda sebelumnya belum mendaftarkan email anda di bbm.com. Kalau anda langsung menginstal aplikasi BBM, baik langsung melalui Play Store ataupun secara manual menggunakan file APK yang barusan dijelaskan, anda akan sampai tahap di mana anda akan diminta memasukkan alamat email. Kalau anda belum pernah memasukkan alamat email di bbm.com, maka ketika anda memasukkan alamat email di aplikasi yang sedang anda pasang itu, itu artinya sama dengan anda baru mendaftar untuk pertama kalinya. Tentu anda tidak sabar dan ingin segera bisa memasangnya, dan tidak mau menunggu sampai Blackberry mengirim email kepada anda untuk memberitahu bahwa anda sudah bisa melakukannya. Ada trik di sini, tapi ini perlu bantuan orang lain, yaitu orang yang sebelumnya sudah berhasil memasang BBM di perangkat Android juga.


Ketika saya berniat menginstal lagi BBM untuk perangkat lain, saya teringat bahwa saya hanya satu kali mendaftarkan alamat email saya ke bbm.com sebelumnya. Terpikir bahwa saya harus mendaftar lagi dengan alamat email lain. Tapi saya tidak lakukan itu. Alih-alih, saya coba dengan alamat email yang sama. Persisnya adalah ketika saya menghadapi tampilan berikut ini, saya tetap memasukkan alamat email yang sebelumnya sudah saya gunakan untuk menginstal BBM di perangkat lain :


gxn8


Ternyata dengan melakukan itu saya bisa terus menginstal BBM hingga sukses. Bahkan ketika saya akan memasangnya lagi di perangkat lain lagi, masih tetap bisa. Ini artinya, kalau anda sebelumnya belum mendaftarkan email anda di bbm.com anda bisa minta alamat email teman anda yang sebelumnya sudah berhasil memasang BBM di perangkatnya. Entah sampai berapa perangkat batasannya. Apakah sampai 5 atau 10 atau … Saya sendiri tidak tahu karena belum mencoba hingga sebanyak itu. Kalau ini tidak ada batasannya sekarang, saya khawatir ke depannya akan ada kebijakan baru yang akan mengubah ini. Jangan-jangan ke depannya hanya satu alamat email untuk satu instalasi BBM saja.


Demikian trik untuk mengakali instalasi BBM. Entah, apakah ke depannya aplikasi instant messaging ini akan populer dan bisa menyaingi aplikasi yang sama yang sebelumnya sudah digunakan banyak orang, seperti Whatsapp, Line, dan sebagainya. Yang jelas, dengan menginstal BBM, sebuah peluang komunikasi baru terbuka dengan mereka yang sebelumnya menggunakan perangkat Blackberry, perangkat portable buatan Apple seperti iPhone atau iPad (yang juga memasang BBM), dan tentu dengan sesama pengguna Android yang sama-sama mengunakan aplikasi ini.

......

Silahkan Gunakan Facebook Comment, Jika Anda Tidak Memiliki Url Blog!

Comments for blogger! Ingin Kotak Komentar seperti ini? KLIK DISINI!?

4 comments:

  1. ini review keduanya berapa lama ya bro. udah 1 minggu lebih kok belum masuk masuk pemberitahuannya

    ReplyDelete
  2. lha iki seng tag goleki. sip bro. terus update lagunya ya bro

    ReplyDelete
  3. Boleh lebih jelas bro, review apanya nih?..

    ReplyDelete